PENGARUH EDUKASI TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING LANSIA HIPERTENSI

Juwariyah, Siti and mendrofa, fery agusman and widyastuti, rita hadi PENGARUH EDUKASI TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN ACTIVITY DAILY LIVING LANSIA HIPERTENSI. In: proceding The 1st Nasional Seminar on Nursing 2017 Trend and Current Issues In Nursing Practice. Program Studi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang, malang, pp. 43-47. ISBN 978-602-50150-0-7

[img]
Preview
Text
proseding 2017.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Hipertensi pada lansia merupakan peningkatan tekanan darah sistolik diatas 140mmHg dan tekanan diastolik 90mmHg. Penyakit hipertensi pada lansia yang tidak diobati terbukti mengalami pemendekan masa sekitar 10-20 tahun yang akan berpengaruh pada ketidakmampuan fisik lansia dengan hipertensi. Penyakit hipertensi akibat proses penuaan menimbulkan disabilitas sehingga akan berpengaruh pada lansia dalam melakukan aktifitas sehaihari. Dampak lansia hipertensi yang mempunyai tingkat kemandirian Activity Daily Living (ADL) rendah akan meningkatkan beban keluarga, masyarakat dan pemerintah. Pemberian edukasi suportif kemandirian ADL berguna untuk memandirikan lansia dengan hipertensi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi suportif terhadap tingkat kemandirian ADL lansia hipertensi. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pre and post-test with control group. Populasi penelitian adalah lansia hipertensi di wilayah Puskesmas Krobokan Kota Semarang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sejumlah 60 yang terbagi dalam kelompok intervensi (n=30) dan kelompok kontrol (n=30). Intervensi berupa edukasi suportif tentang kemandirian ADL diberikan pada kelompok intervensi. Data diambil melalui kuesioner dan dianalisa melalui uji sampel (paired t-test dan independentt-test). Hasil : Hasil penelitian menunjukan setelah diberikan edukasi suportif, kemandirian ADL lansia hipertensi pada kelompok intervensi adalah 60,97 (SD 2,30), dan mengalami peningkatan sebesar 34% dari sebelum intervensi. Sementara pada kelompok kontrol, kemampuan tugas perawatan menunjukan nilai 46,14 (SD 2,94). Hasil analisis mendapatkan nilai p-value = 0,002 α=0,05, yang mengindikasikan adanya pengaruh edukasi suportif terhadap tingkat kemandirian ADL lansia hipertensi. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan bagi tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi suportif tentang kemandirian ADL pada lansia hipertensi

Item Type: Book Section
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mr Fery Agusman Motuho Mendrofa
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:57
Last Modified: 19 Dec 2018 04:57
URI: http://eprints.unkaha.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item