Isy Royhanaty, IR and Sonhaji, Sonhaji and Tri Widyaningsih, TW (2019) PERAN ORANG TUA DALAM STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK BALITA. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 10 (2). pp. 45-54. ISSN ISSN 2086-8510 (Print), ISSN 2655-5875 (Online)
|
Text
9. peran orang tua.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih komplek dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara serta sosialisasi dan kemandirian. Kegagalan dalam perkembangan anak berakibat pada terhambatnya perkembangan diusia selanjutnya seperti timbulnya autise sebagai masalah perkembangan yang menyangkut semua aspek perkembangan, termasuk kemampuan motorik anak serta dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Dari hasil survey pendahuluan di PAUD IT Tamrinul Aulad Desa Manyargading Jepara didapatkan 21% anak mengalami keterlambatan dalam perkembangan. Untuk dapat berkembang dengan baik, anak perlu mendapatkan stimulasi sedini mungkin secara rutin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Stimulasi paling baik dilakukan oleh ibu dan ayah yang merupakan orang terdekat dengan anak. Tujuan : Menganalisa hubungan peran orangtua dalam stimulasi dengan perkembangan anak usia 24-48 bulan. Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan analitik korelasional dengan pendekatan crossectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 responden dengan teknik sampling purposive sampling. Analisa menggunakan chi square. Hasil : Ada hubungan antara peran ayah dalam stimulasi dengan perkembangan didapatkan (p value=0,000, OR=2,0). Ada hubungan antara peran ibu dalam stimulasi dengan perkembangan (p value=0,000, OR=4,3). Kesimpulan : Ibu yang berperan baik dalam stimulasi mempunyai peluang yang lebih besar daripada ayah untuk mendapatkan perkembanagan anak yang optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | Isy Royhanaty |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 03:02 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 03:10 |
URI: | http://eprints.unkaha.ac.id/id/eprint/368 |
Actions (login required)
View Item |