Hastuti, Witri and Widiyaningsih, Widiyaningsih (2017) Peer review jurnal concept mapping. Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula, Semarang, Indonesia.
|
Text
Peer review Concept mapping.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Konsep berpikir kritis merupakan elemen penting dalam pemberian asuhan keperawatan yang berkualitas. Proses pembelajaran di lingkungan klinik praktek keperawatan harus didesign dengan metode pembelajaran yang efektif yang mendukung berpikir kritis pada mahasiswa. Concept mapping merupakan alat yang digunakan untuk mendukung berpikir kritis pada mahasiswa. Hal ini dapat diperoleh dengan menghubungkan prior knowledge yang mereka peroleh sebelumnya dengan informasi baru yang didapatkan untuk menyelesaikan masalah pasien. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh aplikasi concept mapping di pembelajaran klinik terhadap kualitas dokumentasi keperawatan mahasiswa Profesi Ners STIKES Karya Husada Semarang yang berpraktik di stase maternitas. Metode: Metode kuantitatif dengan menggunakan only posttest design, dengan jumlah sampel 30 mahasiswa keperawatan profesi ners. Sampel ditentukan dengan menggunaka total sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan Uji Mann-whitney. Hasil: Kelompok dengan perlakuan concept mapping mempunyai rerata nilai yang lebih tinggi yaitu 22,90 sedangkan tanpa concept mapping sebesar 8,10. Simpulan: Ada pengaruh penggunaan concept mapping dalam pemberian asuhan keperawatan di stase maternitas untuk mahasiswa keperawatan dalam pendidikan profesi
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Witri Hastuti |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 01:10 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 01:10 |
URI: | http://eprints.unkaha.ac.id/id/eprint/190 |
Actions (login required)
View Item |